Humas Protokol
Home » Berita » Wabup Pidie Lauching Aplikasi e-Musrenbang
Wabup Pidie Lauching Aplikasi e-Musrenbang
Wakil Bupati Pidie Fadhlullah TM Daud, ST Melihat Server Aplikasi e-Musrenbang Di Kantor Bappeda Kabupaten Pidie, Selasa 19 Desember 2017.

Wabup Pidie Lauching Aplikasi e-Musrenbang

WAKIL Bupati Pidie Fadhlullah TM Daud, ST melakukan secara resmi launching elektronik Musyawarah Rencana Pembangunan (e-Musrenbang) Kabupaten Pidie, di Aula Kantor Bappeda Pidie, Selasa 19 Desember 2017.

Wakil Bupati dalam sambutannya mengatakan, sistem perencanaan menekankan kombinasi pendekatan antara top down dan bottom up, yang lebih menekankan cara-cara aspiratif dan partisipatif, sehingga hal tersebut diwujudkan melalui proses musyawarah perencanaan pembangunan atau Musrenbang di berbagai tingkatan mulai Gampong hingga Nasional.

“Perencanaan partisipatif merupakan perencanaan yang melibatkan semua rakyat dalam rangka memecahkan masalah yang dihadapi yang bertujuan untuk mencapai kondisi yang diinginkan. Pada tahapan ini bentuk partisipasi masyarakat yang bisa disumbangkan dalam perencanaan pembangunan bisa berupa ide atau gagasan dalam penentuan usulan prioritas, sumbangan pikiran, saran, usulan maupun kritik dalam pertemuan atau rapat yang diadakan untuk membicarakan kegiatan yang akan diaksanakan,” pungkasnya.

Ia melanjutkan, aplikasi e-Musrenbang yang berhasil dikembangkan oleh Bappeda Kabupaten Pidie setidaknya menjadi inovasi dalam sistem perencanaan pembangunan, dimana selama ini masyarakat menginginkan sebuah forum atau kontak sosial antara warga dengan pemerintah dalam perencanaan pembangunan daerah.

“Penerapan Aplikasi e-Musrenbang di Kabupaten Pidie diharapkan menjadi sebuah pelajaran penting bagi perencanaan pembangunan berparadigma masyarakat, dimana masyarakat tidak hanya dijadikan objek melainkan subjek pembangunan,” tandas Wakil Bupati.

Wakil Bupati berharap Aplikasi e-Musrenbang tersebut mampu membuka ruang partisipasi masyarakat dari segala tingkatan untuk memberikan aspirasi terkait pembangunan yang sesuai dengan kebutuhannya.

“Selaku Pemerintah Kabupaten Pidie kami mengharapkan melalui e-Musrenbang akan semakin meningkatkan komitmen kita bersama untuk peningkatan layanan pemerintah. Masyarakat harus merasakan keuntungan dalam penggunaan e-Musrenbang, sehingga mereka akan melakukan wujud nyata adopsi layanan ini dengan terus menggunakannya untuk berbagai informasi perencanaan pembangunan,”

Kepala Bappeda Kabupaten Pidie Muhammad Adam, ST., MM menjelaskan, melalui aplikasi e-Musrenbang masyarakat Gampong berpeluang menyampaikan aspirasi mereka dan berpartisipasi dalam proses pengajuan usulan yang dilakukan secara online, masyarakat juga dapat melihat serta memantau informasi usulan mereka yang telah diverifikasi sampai pada tahap mana. Selain itu, masyarakat pengusul kegiatan juga dapat mengetahui diterima atau ditolaknya kegiatan yang mereka usulkan.

Aplikasi e-Musrenbang merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh BAPPEDA Kabupaten Pidie dengan melakukan modifikasi Source Code dari aplikasi e-Musrenbang Kota Surabaya yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Pidie setelah menanda tangani Nota Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kota Surabaya dengan Pemerintah Kabupaten Pidie tentang Kerjasama Jaringan Lintas Perkotaan yang difasilitasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Bappeda Kabupaten Pidie akan terus menyempurnakan pengembangan aplikasi e-Musrenbang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat. Harapan kami dengan berbagai manfaat dan kemudahan yang dirasakan masyarakat nantinya, akan memberi dampak positif dan menjadikan e-Musrenbang sebagai sebuah kebutuhan untuk mengetahui informasi rencana Pembangunan Kabupaten Pidie,” tutupnya.

Lauching e-Musrenbang tersebut turut disaksikan Asisten Administrarasi Umum Setdakab Pidie H. Idhami S. Sos. para Kepala SKPK, para Kepala Bagian Setdakab Pidie, para Camat dalam Kabupaten Pidie serta tamu undangan lainnya.[](HP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*