Humas Protokol
Home » Laporan Utama » Program Cinta Alquran; Gerakan Satu hari Satu Ayat
Program Cinta Alquran; Gerakan Satu hari Satu Ayat

Program Cinta Alquran; Gerakan Satu hari Satu Ayat

SETIAP manusia selaku orang mukmin sudah sepantasnya berlomba-lomba melakukan kebajikan dalam m e n g o p t i m a l k a n amalan terutama dalam membaca Alquran, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda.

”Barang siapa membaca satu huruf dari kitab Allah maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan digandakan dengan sepuluh seumpanya. Tidak aku katakan (alif lam mim) satu huruf, melainkan alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. Turmuzi).

Bupati Pidie Sarjani Abdullah selaku Kepala Pemerintahan Kabupaten Pidie bersama Wakil Bupati M. Iriawan, SE memiliki tanggung jawab besar terhadap kehidupan masyarakat di era globalisasi dewasa ini dan bertekad membangun masyarakat pidie yang islami. Komitmen tersebut ditegaskan Bupati Sarjani saat melaksanakan launching program cinta Alquran untuk Siswa dan mahasiswa Se- Kabupaten Pidie yang bertempat di Halaman Sekolah Dasar Negeri 3 Beureuneun Kecamatan Mutiara, Selasa 4 Februari 2014.

Pencanangan gerakan cinta Alquran dengan tema “Program satu hari satu ayat” membaca Alquran sebelum memulai jam pelajaran bertujuan untuk mewujudkan generasi Pidie qurani, yang kenal dan paham akan makna yang terkandung dalam Alquran.

Gerakan satu hari satu ayat merupakan sebuah terobosan agar seluruh anak-anak di Kabupaten Pidie dapat membaca Alquran. Ke depan bupati berharap tidak ada lagi anak-anak yang tidak bisa membaca Alquran serta dapat mendorong minat generasi muda untuk memahami dan menjalankan perintah yang dikandung dalam Alquran.

Gerakan satu hari satu ayat yang diluncurkan bupati adalah bagian dari visi dan misi pemerintah daerah kabupaten pidie dalam rangka meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kepada Allah SWT,

Menurutnya, dengan kegiatan tersebut dapat memicu dan memacu masyarakat bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah SWT, dan Alquran itu adalah sumber kebenaran, serta mengajarkan metode belajar yang benar sebagaimana yang diajarkan Alquran.

Bupati mengajak para orang tua untuk mengajari anak serta membiasakan keluarganya untuk membaca dan menghafal ayat-ayat Alquran dan Hadits Rasul. Dia menjelaskan bahwa dalam keluarga, tugas pokok orang tua adalah mendidik dan mendewasakan anak-anaknya agar menjadi orang-orang yang berguna dan berakhlak mulia.

“Orang tua tidak hanya berkewajiban untuk memenuhi kebutuhan jasmani, tetapi juga kebutuhan rohani, perhatian, kasih sayang dan komunikasi yang baik,” ujarnya.

Dikatakan, Keluarga adalah pilihan yang tepat untuk membicarakan masalah yang dihadapi anak sehubungan dengan pertumbuhan dan perkembangannya dan orang tua mempunyai andil dan peran yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas hidup dengan cara mengarahkan dan membimbing sikap dan perilaku anak, orang tua juga harus mengenal kepribadian dan watak anak, mampu menciptakan suasana yang menyenangkan dalam membina hubungan yang akrab antara orang tua dan anak.

“Orang tua harus mampu menjadi panutan, suri teladan atau memberi contoh yang baik, dari hal sikap dan perilaku sehari-hari bagi anak-anaknya sesuai dengan norma agama dan adat yang berlaku dalam masyarakat. Mari amalkan Alquran demi masa depan dan bekal hari akhir kelak, dengan cara memperbanyak membaca dan memahami Alquran lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” ujar sarjani

Untuk itu kata Sarjani, orang tua dituntut harus dapat menjalankan fungsi dan perannya dengan baik sehingga anak tidak terjerumus kepada hal-hal yang tidak diinginkan.

Pada kesempatan yang turut dihadiri Muspida plus Kabupaten Pidie, Anggota DPRK, para asisten sekretariat daerah, para staf ahli, kepala satua kerja perangkat daerah camat, Kepala Sekolah, guru dan tenaga Pendidik, para imum mukim, para keuchik dalam Kecamatan Mutiara Barat dan Mutiara Timur, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta undangan lainnya, bupati mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Pidie, untuk dapat mendukung program seperti yang tertuang dalam Visi dan Misi Bupati – Wakil Bupati Pidie Periode 2012-2017, sehingga hasilnya tercapai dengan cara kebersamaan yang merupakan kunci pada suatu hasil maksimal dari sebuah proses. [] (Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*